Sekaten Yogyakarta 2014

Selasa, 13 Januari 2015


Acara luar kampus
 
Sekaten Yogyakarta adalah acara yang dibuat untuk memperingati perayaan Maulud Nabi Muhammad SAW  yang diadakan pada setiap tanggal 5 bulan jawa maulud di alun-alun utara Yogyakarta. Didalam acara sekaten yang selalu terselenggara di alun-alun utara Yogyakarta ini didatangkan sebuah pasar tengah malam dengan kelengkapan pedagang dan kesenian Yogyakarta.
Pada tahun ini Pasar malam perayaan sekaten telah dibuka tanggal 28 November 2014. Pembukaan acara ini berlangsung di sore hari yang di pimpin oleh Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Paku Alam IX. Acara sekaten tahun 2014 ini akan diadakan selama empat puluh empat hari dari tanggal 28 november 2014 hingga 3 januari 2015. Ada sekitar 660 kavling yang disediaan untuk para penjual dan pelaksana acara sekaten ini. Kavling-kavling ini akan terdiri dari stand-stand perdagangan, kuliner, kesenian, pameran dan area permainan.
Selama acara sekaten ini berlangsung para wisatawan dimanjakan dengan para pedagang dan kuliner yang berharga miring, tidak ketinggalan para pedagan awul-awul yang  menggoda kita untuk mengacak-acak dagangannya. Kini sekaten hadir dengan area permainan yang lengkap untuk dewasa maupun anak-anak. Gemerlap kelap kelip lampu di area permainan pun semakin meramaikan sekaten setiap harinya. Tidak hanya itu, kini sekaten hadir dengan mendatangkan pagelaran kesenian dan pertunjukan seni Yogyakarta pada para turis yang datang.
Acara seaten selalu ramai didatangi wisatawan setiap harinya yang datang dari luar Yogyakarta maupun dari dalam wilayah sendiri. peminat sekaten merupakan masyarakat dari berbagai  latar belakang ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan. Pasar sekaten setiap harinya telah di buka pada pukul 10.00 WIB. Pada pagi dan sore hari biasanya lebih sepi karena aneka hiburan dan wahana bermain khas pasar malam umumnya belum buka. Tetapi suasana keramaian perlahan-lahan akan semakin meningkat seiring datangnya malam. Tida bisa dipungiri sekaten adalah hajatan besar tiap tahun yang memiliki daya tarik tersendiri. Hingga pada tanggal 3 januari 2015 sekaten akan berakhir dengan acara Grebeg Maulud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS