Pengalaman menjadi Panitia Jabatan Fungsional Pranata Humas

Selasa, 13 Januari 2015


Pengalaman Pribadi

Pengalaman saya menjadi volunteer acara yang dibuat oleh Kominfo yaitu JFPH (Jabatan Fungsional Pranata Humas). Acara ini membuat saya mempelajari banyak hal terutama tentang kehumasan yang sangat erat dengan jurusan perkuliahan yang saya ambil. Saya akan menceritakan sedikit  dalam acara JFPH.
Awal mula saya bias menjadi volunteer acara JFPH bermula dari berita dari teman saya yang menawarkan agar saya mendaftarkan diri sebagai  volunteer acara Kominfo lewat email Pranata humas, ahirnya saya mulai mendaftarkan diri lewat email. Selang waktu berjalan saya selalu menunggu balasan email dari pihak Pranata Humas namun ini membuat saya berfikir bahwa saya tidak lolos menjadi volunteer di JFPH. Saya berfikir jika saya tidak diterima setidaknya ada sebuah konfirmasi dari pihak JFPH, karena ini memakan waktu yang sangat lama untuk menunggu sebuah konfirmasi sedangkan saya tidak tahu kapan acara akan berlangsung.
Ahirnya pada siang itu pada pukul 13.00 WIB saya mendapatkan balasan email dari pihak Pranata Humas. Isi emailnya adalah mengundang untuk hadir diacara breaving kepanitiaan volunteer yang terpilih pada pukul 15.00 WIB di The Sahid Rich Hotel Yogyakarta. Saya agak terkecut juga merasa senang dengan balasan email tersebut, seperti merasakan kelegaan dari hasil penantian balasan email.
Hari pertama saat breving, setelah saya mendapatkan balasan email saya segera bersiap-siap menuju lokasi sebelum waktu yang ditentukan. Sesampainya disana saya dan teman saya adalah orang pertama yang datang setelah itu saya baru bertemu dengan volunteer yang lainnya. Awal pertemuan kami di perkenalkan dengan acara yang akan berlangsung diberi jadwal acara yang akan berlangsung selama dua hari dan pastinya diberikan tugas yang akan saya lakukan dalam dua hari tersebut.
Memasuki hari kedua pukul 12.15 WIB saya sampai ke lokasi dimana acara pertama akan dimulai pada pukul 13.00 WIB. Dalam acara tersebut semua tamu undangan diharuskan memakai pakaian batik termasuk juga para panitia termasuk saya. Hari itu saya bertugas sebagai penerima tamu dan runner dalam seminar. Acara hari itu berlangsung dengan sangat baik. Acara pertama adalah regristrasi dilantai bawah yang mana semua tamu mendapatkan nomer regristasi masing-masing dan kamar hotel untuk menginap. Dalam acara tersebut tamu-tamu kebanyakan berasal dari humas-humas diseluruh kantor pemerintahan yang ada di Indonesia.memasuli acara yang kedua adalah pembukan berisi sambutan-sambutan dari ketua pranata humas dan juga ada sebuah tarian yang mewah yang diiringi oleh pengamen music jogja yang bermusik menggunakan angklung gendang dan lain-lain. Setelah acara kedua selesai pada pukul 15.00 WIB diselingi dengan kegiatan Isoma (Istirahat, Sholat dan Makan). Selanjutnya acara ketiga pada pukul 15.45 WIB yaitu Talk Show Pranata Humas Masa Depan, dalam acara ini saya masih bertugas sebagai penerima tamu dan acara ini berisikan wacana kegiatan pranata Humas yang akan ada selanjutnya. Acara ketigapun selesai dilanjutkan dengan kegiatan isoma kembali. Lau masuk ke acara yang ke empat yaitu Praralel Workshp dalam acara ini saya beralih tugas menjadi runner, acara ini terbagi menjadi empat bagian dengan tema yang berbeda-beda tentunya tema yang bersngkutan dengan kehumasan. Acara keempatpun selesai dan berganti acara menjadi Kompetisi Audisi Musik Akustik, acara tersebut diikuti oleh masyarakat dan diikuti oleh bnyak peserta. Setelah seesai acara tersebut kegiatan hari itu pun berahir dan dilanjutkan esok harinya.
Hari ketiga masih menggunaka seragam batik pada pukul 07.00 WIB saya sampai dilokasi untuk menyiapkan acara. Pada hari terahir itu acara dimulai dengan arahan dari Dirjen JKP. Selanjutnya acara kedua adalah Pra Kongres Pranata Humas dan Rakor pembinaan JFPH(Uji Publik JFPH Diklat). Dihari itu saya bertugas seperti kemarin yaitu penerima tamu. Setelah acara kedua dan dilanjutkan dengan Coffe Break lalu masuk lah ke acara yang ketiga yaitu Diskusi Pra Kongres, Pembagian Kerja Pra Kongres dan lanjutan Rakor Pembinaan Diklat. Selanjutnya diisi dengan kegiatan ismoma dan pada pukul 13.00 WIB dilanjutkan acara Paripurna Pra Kongres yaitu yang keempat yang dilanjutkan kegiatan isoma pada pukul 15.00 WIB. Memasuki acara kelima yaitu Penghargaan Kompetisi Pranata Humas yang berisi penghargaan utuk para tamu yang sebelumnya mengikuti kompetisi kehumasan yang telah dibuat. Dan ahirnya hari terakhir ini diakhiri dengan acaraPenghargaan Kompetisi Mahasiswa dan Umum, acaranya antara lain lomba fashionshow bertemakan batik dan hiburan yang telah disiapkan oleh panitia inti.
Dari acara tersebut banyak hal yang saya pelajari mengenai kehumasan dan mempunyai banyak relasi untuk saya dimasa yang akan datang. Sebagai volunteer saya merasa sangat senang bias membantu keberlangsungan acara ini. Saya merasa beruntung bias terpilih menjadi panitia voluntter diman kita bias melihat banyaknya mahasiswa dari yogya karta bahkan luar daerah yang ingin menjadi volunteer di acara ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS